Development of Web-Based Learning Media in Basic Programming Subjects Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar

Main Article Content

Fitria Nur Hasanah

Abstract

Internet merupakan salah satu media penyampaian informasi yang tepat untuk menghadapi revolusi industri 4.0 (Internet Of Things). Dengan media internet, instansi pendidikan dapat menyediakan informasi kepada peserta didiknya sesuai dengan kebutuhan mereka dengan cepat yang diharapkan dapat memudahkan guru dalam penyampaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis website untuk siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE. Langkah pengembangannya meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Untuk mengetahui kelayakan media dilakukan validasi yang mencakup validasi ahli materi, validasi ahli media, dan validasi pengguna. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Responden dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Tingkat kevalidan media berbasis web untuk mata pelajaran pemrograman dasar oleh ahli media berada pada kualifikasi sangat valid dengan prosentase 88,75%. Hasil prosentase penilaian kelayakan media oleh guru sebesar 87,5% dan prosentase penilaian oleh siswa sebesar 90,25% sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dirancang sangat layak dan layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.

Article Details

Section
Articles

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; PT Rineka Cipta.
Bibi, S. & Jati, H. (2013). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi. 1(5), 74-87. Diakses dari http://journal.uny.ac.id
Hadjerrouit, Said. (2008). Towards a Blended Learning Model for Teaching and Learning Computer Programming: A Case Study. Journal Informatics in Education: Institute of Mathematics and Informatics, Vilnius. University of Agder. 7(2), 181-210. Diakses dari https://www.mii.lt/informatics_in_education
Kurniawan, Bagus. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Web di MAN 3 Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi tidak diterbitkan.
Kustandi, Cecep & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Pribadi, BA. (2014). Model Desain Sistem Pembelajaran: Langkah Penting Merancang Kegiatan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta: Dian Rakyat.

Putra, Nusa. (2011). Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar, Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.

Rhomdani, R.W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Web Menggunakan Quandary di Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal Gemmath. 1(2), 18-25. Diakses dari http://Jurnal.unmuhjember.ac.id
Sanjaya. Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Media.
Setiawati, E., dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Pada Materi Animalia Kelas X SMAN 1 Pontianak. Jurnal Bioeducation. 4(1),47-57. Diakses dari http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/.