Decision Support System for Selecting Fresh Water Fish for Cultivation using Naive Bayes Method Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jenis Ikan Air Tawar untuk Budidaya Keramba menggunakan Metode Naive Bayes

Main Article Content

Andris Susanto
Miftahus Sholihin
Susilo Purnomo Hadi

Abstract

Setiap pembudidaya ikan air tawar media keramba selalu mempunyai cara  tersendiri dalam memaksimalkan hasil pemanenan, agar mendapatkan keuntungan yang banyak. Dalam memperoleh hasil yang maksimal, pembudidaya ikan keramba juga harus  mengetahui jenis ikan apa saja yang cocok dibudidaya ditempat keramba yang akan menjadi tempat pembesaran ikan. Dalam penelitian ini menggunakan metode naive bayes sebagai solusi dapat membantu pemanfaataan waktu semaksimal mungkin serta mengurangi tingkat kesalahan terutama dalam perhitungan pemilihan ikan air tawar yang akan dikermba. Dengan membuat suatu aplikasi berbasis dekstop untuk menentukan ikan yang cocok dibudidayakan. Dengan memanfaatkan metode naive bayes telah berhasil dijalankandan dapat memudahkan pemilihan ikan yang ikan yang kurang baik, baikdan ikan yang sangat baik untuk budidaya keramba.

Article Details

Section
Articles

References

Anggoro, A. (2017). Aplikasi Menetukan Jenis Ikan Air Tawar Yang Baik untuk budidaya kolam menggunakan metode Naive bayes. Kediri. Simki-Techsain.
Fauzan, C. A. (2017). ; Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Pemasok Ikan Bandeng Pada Usaha Amplang Kubp Mekar Sari Muara Badak Dengan Metode Naive Bayes.
Latumakulita, L. and Montolalu, C. E. J. C. (2011). SISTEM PAKAR PENDIAGNOSA PENYAKIT GINJAL. JURNAL ILMIAH SAINS 11, 131–131. doi:10.35799/jis.11.1.2011.55.
Lumentut, H. B. and Hartati, S. (2015). Sistem Pendukung Keputusan untuk Memilih Budidaya Ikan Air Tawar Menggunakan AF-TOPSIS. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems) 9, 197–197. doi: 10.22146/ijccs.7548.
S, A. R. A. and Shalahuddin, M. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek) (Bandung: Modula Sommerville,).
Supardi (2007). Metodologi Penelitian (Mataram: Yayasan CerdasPress).
Surdarsono, N. et al. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Budidaya Ikan Air Tawar Di Giri Tirta Cikalang, and others (ed.) (Yogyakarta).
Suryadi, U. T. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jenis Ikan untuk Budidaya Kolam Menggunakan Metode Naive Bayes. Jurnal Teknologi dan Komunikasi STMIK Subang 5.
Umasugi, S. and Burhanuddin, A. (2015). Analisis prevalensi dan intensitas ektoparasit ikan kerapu tikus (Cromileptes altevalis) di keramba jaring apung Perairan Teluk Kayeli Kabupaten Buru. doi:10.29239/j.agrikan.8.1.13-20. https://dx.doi.org/10.29239/j.agrikan.8.1.13-20.
Whitten, J. L., Bentley, L. D., and Dittman, K. C. (2004). Metode desain dan analisis sistem (Yogyakarta: Andi).