Implementation of The ID3 Decision Tree Algorithm Method For Clothing Recommendations
Penerapan Metode Algoritma ID3 Decision Tree untuk Rekomendasi Pemilihan Baju
Abstract
Peran teknologi dalam persaingan dunia bisnis sangatlah berpengaruh, maka dari itu pelaku bisnis untuk senantiasa mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan teknologi yang ada sekarang. Inovasi-inovasi baru sangatlah dibutuhkan dalam hal berbisnis seperti peningkatan kualitas produk, dan mengetahui permintaan pasar karena dunia bisnis hari ke hari mengalami kemajuan yang sangat signifikan. peran besar teknologi dalam bidang penjualan dengan sifat manusia yang konsumtif. Teknologi untuk mempermudah dalam hal berbisnis dan juga mempermudah banyak hal, yang penting dalam teknologi untuk mempermudah seorang pembisnis dalam menjalankan bisnisnya. Oleh karena itu dengan metode ID3 decision tree ini digunakan untuk mempermudah pelanggan atau pengguna untuk memilih baju yang sesuai dengan karakter dirinya. Metode pengambilan data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan wawancara secara online atau bisa disebut dengan kuisioner dengan 50 responden 30 untuk data training sebagai acuhan dan 20 untuk data testing dengan beberapa atribut yang digunakan, dan sistem ini menggunakan program web php dan database mysql. Hasil dati sistem rekomendasi ini mendapat keakurasian sebesar 85% dari 20 data test.
References
Andro, Wibawanto,H. & Sutarno. (2016). “ Decision Tree ID3 Untuk Rekomendasi Pemberian Beasiswa di Sekolah (Studi Kasus di SMA 2 Rembang)”.
Arief, M.Rudianto. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php Dan Mysql. Yogyakarta: ANDI.
Avianto, Ari. Nafi’iyah, Nur. Nawafillah, Nur, Q. (2019). “Rekomendasi Pemilihan Baju Wanita Dengan Metode Naïve Bayes”. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol 2,no 2, hlm. 181-185.
Buana, I Komang Setia. (2014). Jago Pemograman PHP. Yogyakarta: Penerbit Dunia Komputer.
David McD. Squire, (2004). “ The ID3 Decision Tree Algorithm”
Hayuningtyas, R.Y. (2019). “Penerapan Algoritma Naive Bayes untuk Rekomendasi Pakaian Wanita," Jurnal Informatika, vol. 6, no. 1, hlm. 18-22.
Istiharini. (2013). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlibatan Individu Dalam Pemilihan Pakaian. Vol. 17, No.2.
Kasmi, Adi Nurdian Candra. (2017). Penerapan E-Commerce Berbasis Business to Consumers untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara Volume 15 (2) Desember 2017, PP. 109-116
Copyright (c) 2021 Nur Hayati, Purnomo Hadi Susilo, Ayu Ismi Hanifah Hanifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.