E-Module Development of Class x Basic Programming Based on Flipbook


Pengembangan E-modul Pemrograman Dasar Kelas x Berbasis Flipbook


  • (1) * Nur Azwar Annasiyah            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media e-modul berbasis flipbook pada mata pelajaran pemrograman dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: define (pendefinisian), design (desain), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) di SMK Antartika 1 Sidoarjo. Media yang telah dikembangkan dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi. Penilaian oleh ahli materi meliputi kelayakan isi, kebahasaan dan penyajian, dan untuk penilaian ahli media meliputi pemakaian, desain, isi dan daya tarik. Hasil uji kelayakan dari ahli media mendapatkan persentase kevalidan 84% dengan kategori “Sangat layak, dapat digunakan dengan revisi kecil”. Hasil uji kelayakan ahli materi mendapatkan persentase kevalidan 79% dengan kategori “Layak”. Setelah media dinyatakan layak maka dilakukan uji coba skala kecil dengan 10 siswa jurusan RPL mendapatkan persentase sebesar 84,4% yang termasuk dalam kategori “Sangat layak, dan dapat digunakan”. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu media e-modul berbasis flipbook sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

References

Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Afif, M. E., Dellia, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. ISSN 2303-3800 (Online), ISSN 2527-7049 (Print) http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index

Asmi, A. R., Surbakti, A. N. D., Hudaidah. 2018. Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Materi Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Mata Kuliah Pancasila MPK Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Volume 27, Nomor 1.

Daryanto, D., & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar) (1st ed.). Gava Media.

Hayati, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook fisika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 4(2): 49-5.

Hidayatullah, M. S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Di SMK Negeri 1 Sampang. Pendidikan Teknik Elektro, 5(1),83–88. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalpendidikanteknikelektro/article/view/13674

Husain, M. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Definisi dan Ruang Lingkup Sarana dan Prasarana Kantor Pada Siswa Kelas Xi Apk 1 SMKN 1 Surabaya. 3 (3), 1–34.

Ilham, M., N. (2014). Pengembangan Modul Elektronik Microsoft Excel 2007 Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas.

Jones, C., & Healing, G. (2010). Networks and locations for student learning. Learning, Media and Technology, 35(4), 369–385. https://doi.org/10.1080/17439884.2 010.529914

Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2. Jurnal Pendidikan Perkantoran, 07(03), 60–65.

Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknlologi Sesuai Dengan karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 9.

Samsinar S. (2019). Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan Volume 13. No.2.

Setiawan, A. R. (2019). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Jurnal Edukatif Volume 2 Nomor 1 April 2020 Halaman 28-37

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). CV Alfabeta.

Susanti, L. R. R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker Untuk Pembelajaran Sejarah Indonesia Kuno Dengan Materi Kebudayaan Megalitik Pasemah. el-Buhuth, Volume 3, No 1. Hal 11-20.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2.

Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2021-10-31
 
Section
Articles