Contribution of the Utilization Practical Facilities in School, Practice Guiding and Implementation on Productive Learning Outcomes and Work Readiness of Vocational School Students Kontribusi Pemanfaatan Fasilitas Praktik di Sekolah, Pembimbingan dan Pelaksanaan Prakerin Terhadap Hasil Belajar Produktif dan Kesiapan Kerja Siswa SMK

Main Article Content

Fatkhur Rochman
Abdul Waris

Abstract

The Contribution of Optimizing the Practical Facilities in Schools, Internship Guidance, Internship Implementation Toward Vocational Students’ Productive Study Outcome and Work Readiness. This study aims to determine the contribution of optimizing the practical facilities in schools, internship guidance, internship implementation on productive study outcome and work readiness of students on skill study programs TKJ SMK in Lamongan District. This research is included in the type of quantitative research. The number of samples used is 170 students. Data collection for facility optimizing, internship guidance, internship implementation and work readiness is done by questionnaire, while for productive study result variable is done with value documentation. The analysis technique used in this research is path analysis. The results showed: 1) There is a significant contribution of optimizing the practical facilities in schools, internship guidance, and internship implementation toward productive study outcome of 24.7%; (2) There is a significant contribution of optimizing the practical facilities in schools, internship guidance, internship implementation and productive study outcome toward students' work readiness of 42.4%.

Article Details

Section
Articles

References

Amrozi & Mukhadis, A. 2011. Kesesuaian Sarana Prasarana, Kompetensi Guru, Manajemen, dan Proses Praktikum Prodi Keahlian Teknik Otomotif SMK Ditinjau dari Standar Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005. Teknologi dan Kejuruan, 34 (1): 2334.
Arfandi, Anas. 2009. Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Kota Makassar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2: 119-131.
Badan Pusat Statistik. 2018. Tingkat Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan (http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?kat=1&tabel=1&daftar=1&id_subyek=06¬ab=4) diakses 4 Juni 2018
Dikmenjur. 2004. Kurikulum SMK. Jakarta: Dikmenjur.
Dikmenjur. 2008. Pelaksanaan Prakerin. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Depdiknas.


Baiti, A. A. & Munadi, S. 2014. Pengaruh Pengalaman Praktik, Prestasi Belajar Dasar Kejuruan dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4 (2): 164-180.
Efendi, S., Sutadji, E. & Mukhadis, A. 2012. Pencapaian Kompetensi Prakerin Ditinjau dari Persepsi Siswa Tentang Kualifikasi Tempat, Pembimbingan, dan Umpan Balik Pada Keahlian Teknik Mesin SMK. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 35(2): 115-124.
Fatchurrohman, R. 2011. Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Kesiapan Belajar, Pelaksanaan Prakerin dan Pencapaian Kompetensi Mata Pelajaran Produktif. Jurnal INVOTEC, 7 (2): 175-188.
Hadi, Titih R. 2015. Kontribusi Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar terhadap Kesiapan Kerja Dunia Industri Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Sedayu. E-Journal Universitas Negeri Yogyakarta (Pend. Teknik Mekatronika), 4 (4): 276 – 283.
Jannah, U. M., Suswanto, H. & Handayani, A. 2016. Kesiapan Kerja di Perusahaan ISP, Ditinjau dari Pencapaian Kompetensi Administrasi Server Jaringan dan Pelaksanaan Prakerin Bagi Siswa SMK Paket Keahlian TKJ. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 01 (06): 1137-1147
Jayanti, R & Sudarwanto, T. 2012. Pengaruh Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) terhadap Hasil Uji Kompetensi Keahlian Siswa Kelas XII TN SMK Negeri 2 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2 (2).
Mu’ayati, R. & Margunani. 2014. Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Penguasaan Mata Diklat Produktif Akuntansi dan Minat Kerja Siswa terhadap Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi Di SMK N 1 Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal (EEAJ), 3 (2): 327-335.
Mulyani, Mirna A. 2012. Peran Guru Pembimbing dalam Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 2 Sawahlunto Sumatera Barat. Tesis: PPS Universitas Negeri Padang.
Nurdin. 2011. Pengaruh Minat Baca, Pemanfaatan Fasilitas dan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Terpadu SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8 (1): 88-101.
Noviana, 2014. Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Akuntansi, Program Praktik Kerja Industri dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi Di SMK Negeri 1 Kendal Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 3 (1): 182-190.
Prasetyo, A. 2014. Pengaruh Penggunaan Fasiitas Belajar dan Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Dasar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Banggunan di SMK N 2 Wonosari. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY.
Ratnawati. D. 2016. Hubungan Prestasi Belajar, Persepsi Dunia Kerja, dan Jiwa Kewirausahaan dengan Kesiapan Kerja Mahasiswa PTM. Journal of Mechanical Engineering Education, 1 (1): 12-22.
Sari, Y.W. & Yulianto. 2015. Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 3 (02): 1670-1680.
Stevani. 2014. Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin), Keterampilan Siswa Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Administrasi
Sunadi, Lukman. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1 (3): 1-19.
Zuniarti, dan Siswanto, B.T. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar, Kinerja Pembimbingan Prakerin Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Pariwisata DIY. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (03): 405-415.