User Interface Design Development on PT SAMUDERA INDONESIA Website Using Human Centered Design Method


Perancangan User Interface E Learning Training Program Kemaritiman dan Logistik PT Samudera Indonesia dengan Metode User Centered Design


  • (1) * Andi Reza Perdanakusuma            Brawijaya  
            Indonesia

  • (2)  Ade Renat              
            Indonesia

  • (3)  Zahrah Putri Ramadhanti              
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Saat ini dunia sedang menghadapi pandemi COVID-19 yang tidak terduga dan tentunya dampak yang dirasakan pastinya sangat besar. Pemerintah Indonesia pun berusaha untuk membentuk kepanitiaan khusus untuk mengontrol penyebaran virus ini. Salah satu cara pemerintah mencegah penyebaran virus ini yaitu dengan menerapkan protokol social-distancing. Perkantoran pun mengimplementasikan protokol tersebut dengan cara melakukan work from home. Pada Samudera Indonesia Corporate University, terdapat sistem training program untuk karyawan PT. Samudera Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut, pihak perusahaan memutuskan untuk membentuk e-learning training program yang dapat memudahkan proses training program secara daring. Tim pengembang e-learning dipimpin oleh PT. Praweda Sarana Informatika, perusaahan teknologi informasi, yang merupakan anak perusahaan dari PT. Samudera Indonesia. PT. Praweda Sarana Informatika mempercayakan penulis untuk melakukan perancangan desain antarmuka website e-learning training program. Dalam proyek ini, tim penulis menggunakan metode User Centered Design (UCD), yang tahap penelitiannya terdiri dari memahami dan menentukan konteks pengguna, menentukan kebutuhan pengguna, merancang solusi design UI, dan pengujian hasil rancangan design UI. Adapun metode untuk melakukan evaluasinya yaitu menggunakan teknik kuesioner System Usability Scale (SUS) agar penilaian yang didapatkan dari pengguna keluar secara kuantitatif. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, skor pada tampilan antarmuka design tahap pertama yaitu sebesar 57.5, sementara skor yang didapatkan setelah dilakukan perbaikan yaitu sebesar 85.21.

References

Chandrawati, Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. No 2 Vol. 8. http://jurnal.untan.ac.id/

Moran, Kate. 2019. “Usability Testing 101”. Diakses Oktober 2020. https://nngroup.com/articles/usability-testing-101/

Mulia, Atikah Hayyu. 2016. Pengembangan Antarmuka Aplikasi Astofit dengan Pendekatan User Centered Design. Malang: Universitas Brawijaya.

Neumann. 2004. Prototyping. Petra. Diakses Oktober 2020. http://pages.cpsc.ucalgary.ca/~saul/pmwiki/uploads/Main/topicneumann.pdf

Nielsen, Jakob. 2000. Why You Only Need to Test with 5 Users. Diakses Oktober 2020. https://www.nngroup.com/articles/whyyou-only-need-to-test-with-5-users

Pernice, Kara. 2016. UX Prototypes: Low Fidelity vs High Fidelity. Diakses Oktober 2020. https://www.nngroup.com/articles/ux-prototype-hi-lo-fidelity/

Putra, R. S. 2015. Pengembangan Personalisasi Website E-Commerce Berbasis Metode User Centered Design. Jurnal Informatika Vol VIII No I.

Simatupang, Riko Mangasi. 2014. Penerapan Mtode User Centered Design Untuk Perancangan Aplikasi Berbasis Web. Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI) Volume III 1-5.

Widhiarso, Wijang. 2007. Metode UCD (User Centered Design) Untuk Rancangan Kios Informasi Studi Kasus : Rumah Sakit Bersalin XYZ. Jurnal Informatika Vol III No III.

Z. Sharfina and H. B. Santoso, "An Indonesian adaptation of the System Usability Scale (SUS)," 2016 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS), Malang, 2016, pp. 145-148, doi: 10.1109/ICACSIS.2016.7872776. DOI: https://doi.org/10.1109/ICACSIS.2016.7872776

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2021-04-29
 
Section
Articles