Flipbook Based Booklets as One of Agricultural Ecology Learning Media BOOKLET BERBASIS FLIPBOOK SEBAGAI SALAH SATU MEDIA PEMBELAJARAN EKOLOGI PERTANIAN

Main Article Content

Aria Indah Susanti
Nia Agus Lestari

Abstract

Media pembelajaran yang menarik tentunya akan menarik perhatian dan minat belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan booklet berbasis flipbook sebagai salah satu media pembelajaran materi kelimpahan dan keanekaragaman organisme tanah bioindikator kesuburan lahan pertanian. Jenis penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berupa booklet berbasis flipbook dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 fase. Fase tersebut meliputi pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian berupa hasil validasi dan angket respon mahasiswa. Hasil validasi media menunjukkan bahwa penilaian booklet berbasis flipbook dinyatakan valid dengan nilai rata-rata secara keseluruhan dari kedua validator adalah 3,56. Sedangkan hasil validasi materi dinyatakan valid dengan nilai rata-rata secara keseluruhan dari kedua validator adalah 3,69. Hasil ujicoba kelompok kecil yang dilakukan pada 15 mahasiswa menghasilkan skor rata-rata sebesar 3,36 dan berada pada kriteria sangat baik. Oleh karena itu, berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan booklet berbasis flipbook mudah digunakan, mudah dioperasikan, atraktif, dan mudah dimengerti.


 


Kata kunci: booklet, flipbook, media pembelajaran, ekologi

Article Details

Section
Articles

References

Arsyad, A. (2010). Media pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Haryanti, F., Saputro, B. A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantukan Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Segitiga. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (2): 147-161.
Intika, T. (2018). Pengembangan Media Booklet Science For Kids Sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 1 (1): 10-17.
Fitriasih,R., Ansori, I., & Kasrina. (2019). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Pteridophyta di Kawasan Suban Air Panas untuk Siswa SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(1): 100-108.
Lestari, N. A. dan Susanti, A. I. (2019). Kelimpahan dan Keanekaragaman Organisme Tanah Bioindikator Kesuburan Lahan Pertanian Dan Pembuatan Media Penyuluhan Pertanian (Booklet). Jurnal Agriovet. 2 (1): 1-16.
Ma’ruf, Muhammad Fahmi. (2019). Pengembangan Modul Pendidikan dan Pelatihan Kendali Mutu dan Pengujian Material Infrastruktur pada Departement Project Real Estate di PT Summarecon Agung TBK. Skripsi tdak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 8 (1): 19-35.
Pralisaputri, K., Heribertus, S., dan Chatarina, M. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. GeoEco. 2 (2): 147-154.
Rachmawati dan Kurniawati, A. (2020). Pengembangan Instrumen Enilaian Tes Berbasis Mobile Online Pada Prodi Pendidikan Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika. 4 (1): 46-63.
Setyaningsih, E., Sunandar, A., dan Setiadi, A. K. (2019). Pengembangan Media Booklet Berbasis Potensi Lokal Kalimantan Barat Pada Materi Keanekaragaman Hayati Pada Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. J. Pedagogi Hayati. 3 (1).
Thiagarajan, S., Semmel, D., dan Semmel, M.. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children: A Source Book. Minnesota: University Of Minnesota.