Designing Applications for Data Collection and Sales of MSME Products to increase competitiveness in the web-based global market using the Analythical Hierarchy Process (AHP) method


Perancangan Aplikasi Pendataan dan Penjualan Produk UMKM untuk meningkatkan daya saing di pasar global berbasis web menggunakan metode Analythical Hierarchy Process (AHP)


  • (1) * Taufikur Rahman            Politeknik Elektronika Negeri Surabaya  
            Indonesia

  • (2)  Ahmad Walid Hujairi            Politeknik Elektronika Negeri Surabaya  
            Indonesia

  • (3)  Deny Fardiansyah Putra            Politeknik Elektronika Negeri Surabaya  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menjadi faktor penting ketahanan ekonomi daerah bahkan nasional. Banyak pelaku UMKM yang memiliki produk tidak kalah bagus dari pruduk pabrikan bahkan luar negeri, peran serta pemerintah sebagai fasilitator dan katalisator dalam pengembangan produktifitas UMKM sangat penting, namun demikian banyak pelaku UMKM yang tidak mampu berkembang karena kurangnya perhatian pemerintah dalam hal pelatihan, kemasan yang baik, dukungan modal dan promosi serta sistem katalog produk online supaya mampu bersaing di skala nasional bahkan internasional. Bantuan yang diharapkan dari pemerintah ada kalanya tidak tepat sasaran karena tidak memiliki data pelaku UMKM yang berujung pada sistem pengambilan keputusan pemberian bantuan terhadap UMKM menjadi tidak tepat. Aplikasi pendataan dan penjualan web dibutuhkan untuk pengembangan pelaku UMKM, dengan metode Analythical Hierarchy Process (AHP) diharapkan mampu mendukung pengambilan keputusan bagi pemerintah untuk mencari pelaku UMKM yang akan di bantu sesuai dengan kebutuhan dan tidak salah sasaran. Metode AHP yang digunakan dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai alat bantu dalam menentukan rangking prioritas UMKM berdasarkan tingkat validitas konsistensi hirarki

 

Kata Kunci : Sistem Pengambilan Keputusan, , Analythical Hierarchy Process, Usaha Mikro Kecil dan Menengah

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumenep. 2020. Sumenep Regency In Figure 2020 )Sumenep Dalam Angka 2020). Katalog/Catalog : 1102001.3529

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumenep. 2020. Gross Regional Domestic Product of Sumenep Regency by Industry. Katalog 9302021.35

Diva, Gede. 2009. Mengembangkan UKM Melalui Pemberdayaan Peran Pemerintah Derah Jakarta. Jakarta : Bakrie School of ManagementHafsah,

Lies Maria Hamzah, Devi Agustien. 2019. Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM Di Indonesia. JEP, Volume 8 No. 2 Juli 2019.

Mohammad Rohedi. 2018. “Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat”,

Muhammad Jaffar. 2004. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah. Infokop, Nomor 25 Tahun XXX: 40-44

R.A. Supriyono. 2006. Akuntansi Biaya Buku I: Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok. Yogyakarta : BPFE.

Taranggana Gani Putra. 2015. Peran Pemerintah Daerah Dan Partisipasi Pelaku Usaha Dalam Pengembangan UMKM Manik-Manik Kaca di Kabupaten Jombang. Volume 3, Nomor 1, Januari – April 2015

Very Andrianingsih, Dwiki Erik Fatah Adhiyah. 2018. Resistensi Umkm Atas Kebijakan Pemerintah Kabupaten Sumenep Dalam Pemberdayaan Modal Usaha Sistem Pusyar Ib Di Pt. Bprs Bhakti Sumekar Sumenep. Wacana Equiliberium : Jurnal Pemikiran & Penelitian Ekonomi Vol. 06 No.01 ISSN : 2339-2185

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2021-04-29
 
Section
Articles